Friday, January 15, 2016

MAKALAH SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR CB 70 MEMBANTU KEKERINGAN DI PATI



SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR CB 70 MEMBANTU KEKERINGAN AIR DIMASYARAKAT  STUDI KASUS DI DESA  SUKOPULUHAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI.
Disusun Demi Memenuhi Tugas Semester Genap
 Tahun Pelajaran 2015/2016

http://hadiyanta.com/wp-content/uploads/2015/10/Honda-3.jpg
Disusun oleh :
NAMA :

 -    Puji Lukmanto    (19)
-          Rioko Ristianto (21)
-          Safilla Retno Septyaningrum (22)
-          Tri Agustin Pratiwi (25)
-          Vivin Oktavia (26)                     
-          Winda Septiana (27)

Kelas : XII-IPS 3

SMA NEGERI 1 BATANGAN
Tahun Pelajaran 2015/2016

KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala limpahan Rahmat, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan Laporan ini yang berjudul “SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR CB 70 MEMBANTU KEKERINGAN AIR DIMASYARAKAT  STUDI KASUS DI DESA  SUKOPULUHAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI” dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Semoga laporan ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca dalam pendidikan maupun dimasyarakat.
Harapan saya semoga laporan ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi Laporan ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.
Laporan ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki sangat kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.



Batangan , 14 Januari 2016
Penyusun


 








DAFTAR ISI
Halaman Depan   ..................................................................................................  i
Kata Pengantar    .................................................................................................. ii
Daftar Isi              .................................................................................................. iii
Bab I Pendahuluan ............................................................................................... 1
1.1  SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR CB 70 ....................................... 1
1.2  Latar Belakang ............................................................................................... 1
1.3  Identifikasi Masalah ....................................................................................... 2
1.4  Pembatasan Masalah ...................................................................................... 4
1.5  Perumusan Masalah ....................................................................................... 4
1.6  Tujuan Peneliti ................................................................................................ 4
1.7  Manfaat Peneliti .............................................................................................. 4
Bab II Kajian Teori .............................................................................................. 6
Bab III Metode Penelitian .................................................................................... 8
Bab IV Penutup   .................................................................................................. 11
Daftar Pustaka     .................................................................................................. 12
















BAB 1
PENDAHULUAN
1.1  SOLIDARITAS KOMUNITAS MOTOR CB 70 MEMBANTU KEKERINGAN AIR DIMASYARAKAT  STUDI KASUS DI DESA  SUKOPULUHAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI.
1.2  Latar Belakang
Geng motor adalah sekumpulan remaja yang mengatas namakan bendera pecinta otomotif dengan berbagai jenis. Geng motor ini sering diidentikan dengan dunia kriminalitas. Berbagai media memuat berbagai hal negatif tentang geng motor. Mulai dari aksi permpokan, pencurian, perkelahiaan, maupun pembunuhan. Kebanyakan yang mereka lakukan secara bergerombol dengan ciri khas menggunakan sepeda motor. Sepeda motor bagaikan simbol penjahat yang beraksi adalah geng motor.
Geng motor merupakan salah satu dari kelompok pertemuan berbagai macam jenis geng motor lebih banyak diartikan sebagai kelompok pertemuan yang bersifat negatif. Dan tidak semua geng motor bersifat negatif tetapi juga ada yang positif. Hal ini dapat kita lihat dari visi dan misi, tujuan atau niat para remaja ini dalam pembentukan organisasi geng motor. Mereka manusia yang sedang mencari diri diluar keluarga yaitu dunia pertemuan.
Geng motor juga mempunyai dampak positif yang belum diketahui banyak orang seperti generasi muda memperbanyak teman tongkrongan untuk seru – seruan dan berbagai pengalaman khususnya dalam bidang otomotif sehingga dengan adanya banyak teman senantiasa rasa jenuh terhadap banyak persoalan internal yang sedang diaalami seseorang tersebut bisa hilang. Dan para pelajar diantaranya dapat bertukar pikiran dapat tolong menolong menghilangkan rasa bosan.
Pucak wangi adalah sebuah kecamatan kabupaten pati jawa tengah Indonesia. Kecamaten pucakwangi terletak di sebelah tenggara kabupaten pati. Dahulu kecamaten menjadi bagian dari kawedanan Jakenan. Batas – bates wilayah kecamaten pucakwangi yaitu sebelah utara berbatesan dengan kecamatan jaken, sebelah selatan berbatasan dengan kecamatan todanan kabupten blora, sebelah barat berbatasan dengan kecamatan winong, dibagian selatan dibatesi gunung kapur utara yang memisahkan kabupaten pati dengan kabupaten blora, grogol sari, jetaj, kareng rejo, pelem gede siti mulyao, plosorejo, pucakwangi, sukopuluhan, tanjung sekar, tegalwero, tri guna wales haji.
Desa sukopuluhan adalah salah satu desa yang berada di daerah kabupaten pati tepatnya di kecamatan pucakwangi. Disebelah barat berbatasan dengan desa ploso rejo, sebelah timur berbatasan dengan kecamatan kecamatan jaken tepatnya desa bendolo, sebelah selatan berbatasan dengan pucak wangi / sementara sebelah utara berbatesan dengan desa tegalwera. Desa sukopuluhan terdiri dari enam (6) dukuh antara lain:
1.      Dukuh Soko
2.      Dukuh Puluhan
3.      Dukuh Karang wetan
4.      Dukuh Playon
5.      Dukuh Gragalan
6.      Dukuh Kudar
Dengan jumlah penduduk 5000 jiwa. Desa ini merupakan salah satu desa terbesar di kecamatan pucakwangi, setelah pucakwangi dan triguna. Mayoritas penduduk sukopuluhan kecamatan pucakwangi beragama islam. Kegiatan sangat maju dan berkembang pesat. Dalam bidang pendidikan boleh kita tengok sarana dan persarana di desa ini, sekolah tingkat atas ada dua MMH dan taris, itulah dua yayasan besar yang menjadi barometer pendidikan pucakwangi. Penduduk desa sokopuluhan sebagaian besar petani, pedagang, merantau, pertanian jadi sektor utama didesa sukopuluhan dengan letak strategis.
Solidaritas komunitas motor cb 70m membantu kekeringan air yang terjadi di desa sukopuluhan kecamatan pucakwangi kabupaten pati. Upaya yang dilakukan komunitas motor cb 70 denganmenggolongkan dana suka rela yang dilakukan oleh setiap orang dan hasil dari pnggolongan dana tersebut digunakan untuk membeli air bersih. Air tersebut dapat digunakan oleh semua masyarakat untuk kehidupan sehari – hari.

1.3  Identifikasi Masalah

Dari judul solidaritas komunitas motor cb 70 membantu kekeringan air studi kasusdi desa sukopuluhan pucak wngi kabupaten pati dapat di identifikadikan masalah sebagai berikut.
Solidaritas rasa kebersamaan, rasa kesatuan, rasa kepentingan ras simpati sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama.
Solidaritas adalah rasa kebersamaan rasa kesatuan kepentingan, rasa simpati sebagai salah satu anggota dari kelas yang sama.
Solidaritas secara etimologi adalah kesetiakawana / kekompakan dalam bahasa arap tadhamun (ketetapan dalam hubungan) atau takaful saling menyempurnanan melindungi. Pendapat lain solidaritas adalah kombinasi atai persetujuan dari seluruh elmen / indonesaia sebagai sebuah kelompok.
Solidaritas adlah sebuah kata yang memiliki makna dan arti penting dalam sebuah kebersamaan, kekeluargaan, persaudaraan, persahabatan atau kelompok.
Solidaritas adalah kesatuan, kepentingan, simpati dari salah satu anggota dari kelas yang sama.
Solidaritas adalah intergrasi tingkat dan jenis intergrasi ditunjukan oleh masyarakat atau kelompok dengan orang dan tetengga dalam masyarakat. Hal ini mengacu dalam masyarakat sekitar.
Solidaritas adalah kesepakatan bersama dan dukungan kepentingan dan tanggung jawab antar individu dalam kelompok terutama karena diwujudkan dalam lingkungansuara bulat dan tindakan kolektif dalam suatu hal.
Kekeringan adalah keadaan kekurangan pasokan air di suatu daerah dalam masa berkepanjangan (beberapa bulan hingga beberapa tehun).
Kekeringan adalah salah satu bencana yang sulit dicegah dan datang secara berulang.
Kekeringan merupakan salah satu fenomena yang terjadi sebagai dampak penyimpangan iklim global seperti El Nino dan Osilasi selatan.
Kekeringan salah satu bencana alam yang terjadi secara perlahan (Slow Onset Disaster) berlangsung lama seperti hujan berdampak sangat luas dan bersifat lintas sektor (ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan).
Faktor – Faktor kekeringan
1.      Lapisan tanah tipis         lapisan tanah yang tipis, air hujan yang terkandung dalam tanah tidak lama, karena mengalami penguapan oleh matahari.
2.      Air tanah dalam                    air hujan jatuh pada saat musim hujan jatuh dalam lapisan bawah tanah menyimpan air dalam jangka lama.
3.      Tekstur tanah kasar         tektur ini tidak mampu menyimpan air dalam waktu lama.
4.      Iklim         keadaan alam tidak menentu berpengaruh dengan kondisi iklim.
5.      Vegetasi          menyerap air tanah dengan intesitas lebih banyak
1.4 Pembatasan Masalah
Dari judul solidaritas komunitas cb 70 membantu kekeringan air di masyarakat studi kasus di sukopuluhan kecamatan pucak wangi kabupaten pati. Permasalahan yang saya batasi mengenai solidaritas membantu kekeringan antara lain:

-          Pemberian bantuan air bersih
Koordinator komunitas motor cb 70 didesa ketitang wetan memberikan bantuan berupa air bersih diserahkan secara langsung kepada masyarakat.
1.5  Perumusan Masalah.
Dalam penelitian dengan judul solidaritas membantu kegiatan air di masyarakat studi kasus di desa sukopuluhan kecamatan pucakwangi kabupaten pati, peneliti dapat merumuskan masalah sebagai berikut :
1)      Bagaimana terbentuknya geng motor cb 70 di Desa Ketitang Wetan ?
2)      Kegiatan apa saja yang dilakukan geng cb 70 ?
3)      Bagaimana tanggapan masyarakat mengenai geng cb 70 ?
1.6 Tujuan Penelitian.
Dalam penelitian dalam judul solidaritas membantu kekeriangan air masyarakat studi kasus desa sukopuluhan kecamatan pucakwangi kabupaten pati, peneliti dapat menemukan jawaban dari perumusan masalah sebagai berikut :
1)      Untuk mengtahui terbentuknya geng motor cb70.
2)      Untuk mengetahui kegiatan apa saja yang dilakukan geng motor cb 70.
3)      Untuk mengetahui tanggapan masyarakat mengenai geng motor cb 70.
1.7 Manfaat Penelitian.
Dalam penelitian dengan judul solidaritas membantu kekurangan air dimasyarakat stidi studi kasus desa sukopuluhan kecamatan pucakwangi kabupaten pati mengandung manfaat sebagai berikut :
1)      Manfaat Pribadi         sebagai sarana penyaluran bakan menulis karya ilmiah, menambah          pengetahuan mengenai geng motor cb 70 dan dampak yang di timbulkan geng motor cb 70.
2)      Manfaat Pembaca         sebagai bahan pelajar dan bertambahnya pengetahuan umum mengenai gend motor cb 70.
3)      Manfaat Institusi         sebagai penambah wawasan pengetahuan lingkungan sekolah bagi kelas X, XI, XII terutama pada pelajaran sosiologi.









BAB II
KAJIAN TERORI

            Kajian tentang kelompok sosial pengertian kelompok sosial daru beberapa ahli menurut Willa Huky kelompok sosial adalah suatu unit yang terdiri dari 2 orang atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03), Menurut Joseph S. Roucek, kelompok sosial adalah suatu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola Interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Menurut Giddens kelompok sosial adalah sejumlah orang berinteraksi satu sama lain secara teratur (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Menurut Soerjono kelompok sosial adalah kelompok sosial manusia yang hidup bersama karena saling hubungan diantara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Menurut Mayor Polak kelompok sosial adalah sejumlah orang yang saling berinteraksi dalam suatu struktur (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Menurut Robert K. Merton kelompok sosial adalah sekumpulan orang yang saling berinteraksi sesuai dengan pola yang telah mapan (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Menurut Mac. Iver clan charles h. page kelompok sosial adalah kesatuan-kesatuan manusia yang hidup bersama karena adanya interaksi antara mereka (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Mereka Horton dan Hunt kelompok sosial adalah sejumlah orang yang sama-sama memiliki kesadaran tentang keanggotaan bersama dan interaksi diantara mereka (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03). Kelompok sosial secara sosiologis pengertian kelompok sosial adalah suatu kelompok orang-orang yang mempunyai hubungan dan saling berinteraksi satu sama lain dan dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama.
            pengertian Geng beberapa para ahli menurut chaplin Geng adalah Unit sosial terdiri atas Individu-individu yang terikat oleh minat atau suatu kepentingan yang sama. Geng dapat tersusun atas orang-orang dari sembarang usia namun sangat umum terdapat dikalangan anak atau remaja. Menurut Mappiare Geng dalam psiologi perkembangan menunjuk pada grombolan yang terburuk, biaasanya diantara para remaja dan mempunyai sistem nilai menyimpang (2006 : 140) Geng menurut sosiologi adalah suatu kelompok utama yang timbul secara spontan dengan tingkat solidaritas tertentu sebagai akibat konflik dalam lingkungan sosialnya (Intuisinyabenny.blogspot.com 2014: 03)  merupakan salah satu dari kelompok sosial yang dapat tercipta dalam lingkungan masyarakat, sekolah dan lainya. hal ini dapat terjadi disebabkan karena pada dasarnya manusia  Geng merupakan suatu kelompok yang terdiri dari dua atau lebih individu yang memiliki hubungan psikologis secara jelas antara anggota satu dengan yang lain dan berlangsung.
Solidaritas
1.      pengertian solidaritas
secara etimologi arti solidaritas adalah kesetiakawanan atau kekompakan. Dalam bahasa Arab berarti tadhamun (ketetapan dalam hubunga) atau takaful (saling menyempurnakan atau melindung. pendapat lain mengemukakan bahwa solidaritas adalah kombinasi atau persetujuan dari seluruh elemen atau individu sebagai sebuah kelompok. Dalam kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan bahwa solidaritas diambil dari kata solider yang berarti mempunyai atau memperhatikan perasaan bersatu. dengan demikian, bila dikaitkan dengan kelompok sosial dapat disimpulkan bahwa solidaritas adalah : rasa kebersamaan dalam suat kelompoktertentu yang menyangkut tentang kesetia kawanan dalam mencapai tujuan dan keinginan yang sama. wacana solidaritas bersifat kemanusiaan dan mengandung nilai adil, luhur (mulia atau tinggi), tindaklah aneh kalau solidaritas ini merupakan keharusan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Memang mudah mengucapkan kata solidaritas tetapi kenyataan dalam kehidupan manusia sangat jauh sekali. dalam ajaran islam solidaritas sangat ditekankan karena solidaritas salah satu bagian dari nilai islam yang mengandung nilai kemanusiaan (humanistic). solidaritas dalam kelompok sosial dikemukakan oleh tokoh yang bernama Durkheim
2.      Pembagian solidaritas
dalam kelompok sosial dapat diklasifikasikan dengan pandangan2 tertentu salah satunya kelompok sosial diklasifikasikan menurut rasa solidaritas antar satunya anggotanya,sehingga secara umum solidartas dapat dibagi menjadi 2 yaitu
a.Solidaritas mekanik adalah solidaritas yang muncul pada masyarakat yang masih sederhana dan di ikat oleh kesadaran kolektif serta belum menggenal adanya kerja diantara para anggota kelompok (masyarakat pedesaan)
b.Solidaritas Organik adalah solidaritas yang menggikat masyarakat yang sudah kompleks yang telah menggenal pembagiaan kerja yang teratur sehinnga disatukan oleh saling ketergantungan antar anggota masyarakat kota.






















BAB III
METODE PENELITIAN
3.1  Lokasi
      Ds Ketitang Wetan kecamatan Batangan, Kabupaten PATI.
3.2  Waktu
      Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Novenber – Desember 2015.
3.3 Bentuk penelitia
            Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan studi kasus.
      Studi kasus adalah suatu metode untuk memahami individu yang dilakukan secara integrative komprohensive agar diperoleh pemahaman yang mendalam tentang individu tersebut beserta masalah yang di hadapinya dengan tujuan masalahnya dapat terselesaikan dan memperoleh perkembangan diri yang baik.
3.4  Sumber data
      Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan sumber data primer.
Sumber data sekunder karena bukan menekan pada jumlah tetapi pada kualitas atau kesesuaian oleh karena itu peneliti harus selektif dan hati – hati dalam memilih dan menggunakan.
3.5  Teknik pengumpulan data
      Metode pengumpulan data yang peneliti lakukan untuk proses penelitian yaitu wawancara.
      Wawncara yaitu percakapan antara 2 orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujan dari wawancara adalah untuk memperoleh informasai dimana seorang pewawancara melontarkan pertanyaan – pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai.
3.6  Sampling
      Sempel adalah sebagai populasi yang diambil berdasarkan pengertian diatas sempel yang ditemukan peneliti XII 3.
3.7  Validitas data
      Dalam penelitian ini dapat dipertanggung jawabkan.
3.8  Teknik analisis
      Setelah data terkumpul peneliti dapat mulai mengagregasi dan organisasi dan mengklasifikasai data menjadi unit – unit yang dapat dikelolah.
































BAB IV
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Kekeringan yang membuat ribuan warga di Pati kesulitan mendapatkan air bersih, membuat pecinta motor jadul yang tergabung dalam Paguyiban Pecinta Motor Klasik CB Pati, prihatin. Mereka kemudian berinisiatif untuk memberikan bantuan berupa air bersih kepada warga Pati bagian selatan.
Ada beberapa daerah yang mereka bantu, dan ditargetkan pengiriman bantuan akan berlangsung hingga Kamis (29/10/2015) mendatang. Ada 15 titik, di 7 desa dan 4 kecamatan di Pati yang menjadi sasaran bantuan tersebut.
4.2 Saran
            Kami berharap, pemerintah bisa memberikan solusi berkelanjutan untuk mengantisipasi kekeringan di wilayah Pati selatan.













DAFTAR PUSTAKA


0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver