Monday, December 17, 2012

Membuat Efek Lomografi Dengan Photoshop


Tutorial kali ini saya akan menunjukan cara gampang untuk membuat efek lomografi dengan Adobe Photoshop. Pada tutorial sebelumnya saya sudah menjelaskan apa itu efek Lomografi. Banyak orang yang bilang bahwa lomografi itu seperti Kamera lubang jarum, hal ini di karenakan pada gambar hasil jepretan Kamera Lomografi, kita seperti melihat dari lubang jarum. Bukan cuma itu saja, menurut saya efek lomografi menghasilkan gambar menjadi unik dan penuh photografi yang keren.
Contoh gambar kamera lomografi :














Gambar diatas merupakan gambar hasil dari Kamera Lomografi. Nah untuk mendapatkan gambar seperti diatas, kita tidak perlu membeli Kamera khusus tersebut. Kita cukup nyediain Photoshop dan Kopi aja nih, terus terang saya penikmat kopi.

Langsung aja kita mulai tutorial nya. Pertama buka gambar yang akan diedit.
klik FILE>>OPEN / CTRL+O
Gambar yang saya pakai adalah foto saya sendiri.

















Setelah gambar yang anda buka telah muncul, Lalu kita duplicate Layer Background dengan menekan CTRL+J pada pallet layer. Mengapa kita harus menduplicate layer? Hal ini dikarenakan agar gambar asli kita tidak rusak.
Langkah selanjut nya adalah mengatur kecerahan warna nya, dengan Curves. Ikuti langkah langkah dibawah ini :
Lalu akan muncul curves nya dan atur seperti berikut :
Pada Channel Atur Curves RGB, BLUE dan GREEN..
Setelah diatur tekan OK. Lalu hasil nya akan jadi seperti ini dibawah ini :
Langkah selanjutnya pilih fill adjusment di bawah pallet Layer dan pilih Gradient Map, ikuti gambar :
Klik yang ditunjuk oleh kursor.
Setelah melakukan langkah langkah seperti yang ditunjuk kan diatas jangan lupa menekan tombol OK. Setelah itu pada pallet layer Gradient map atur Opacity dan Fill nya menjadi 45%, dan ubah Normal menjadi Overlay.


















Seperti gradient map tadi pilih fill adjusment di bawah pallet Layer dan pilih Gradient Fill dan ikuti langkah langkah berikut :
-ubah Style menjadi Radial.
-centang kotak Reverse.
-klik kursor yang ditunjukan pada gambar di bawah ini.
Perhatikan gambar di bawah ini :















Setelah meng klik tanda kursor seperti gambar diatas, lalu akan muncul Gradient Editor. Pada Gradient Editor atur Opacity nya menjadi 0% dan Location 17%, Lalu tekan OK.



















Dan hasilnya akan menjadi seperti ini :
















Nah hasilnya akan terlihat seperti melihat dari lubang jarum kan. Oke untuk tutorial kali ini saya cukupkan sampai disini saja ya. Semoga anda bisa membuat nya dengan baik tanpa harus bercucuran keringat nih hahaha. Saya berusaha membuat tutorial ini se detail mungkin, tapi kalau anda merasa kurang mengerti, ya di mengertiin aja yaa. Mohon maaf jika ada yang tersinggung dengan apa yang saya tulis maupun yang saya ajarkan mengenai photoshop ini. Namanya juga Otodidak.

~semoga bermanfaat~

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver