Monday, October 15, 2012

Variabel, Konstanta, Tipe Data dan Operator


 
Variabel

   Tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosongkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai.

Contoh penggunaan yang benar :
a. namasiswa
b. XY12
c. harga_total
d. jenisMotor
e. AlamatRumah

Contoh penggunaan yang salah :
a. nama siswa
b. 12x
c. harga.total
d. jenis Motor
e. for

Konstanta
   Variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubah - ubah, maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta. Konstanta dan variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya.

Tipe Data
   Tipe Data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.  Variabel atau konstanta yang ada dalam kode program, sebaiknya kita tentukan dengan pasti tipe datanya. Ketepatan pemilihan tipe data pada variabel atau konstanta akan sangat menentukan pemakaian sumberdaya komputer (terutama memori komputer).
  1. Numeric, Tipe data yang digunakan pada variabel atau konstanta untuk menyimpan nilai dalam bentuk bilangan atau angka.
  2. Character / String, Tipe data yang menyimpan teks atau apapun sepanjang berada dalam tanda petik dua (“…”) atau petik tunggal (‘…’).
  3. Boolean, digunakan untuk menyimpan nilai True/False (Benar/Salah) benilai 1 jika benar dan 0 jika salah.
  4. Array, Tipe data yang mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variabel dengan diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut.
  5. Record / Struct, Tipe data yang mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang berbeda (heterogen) dalam sebuah variabel dengan diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut.
  6. Image, Merupakan tipe data grafik.
  7. Date Time, Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data Date dapat digunakan untuk menyimpan baik tanggal maupun jam.
  8. Lainnya (subrange, enumerasi dll).  
Operator
   Berikut ini adalah macam – macam operator yang sering dipergunakan dalam bahasa pemrograman JAVA beserta kegunaan / fungsinya:

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver