Monday, October 8, 2012

SOAL DAN JAWABAN AKUNTANSI DASAR


1.      Akutansi dari sudut Pandang pemakai dan kegiatan
a.       Sudut pandang pemakai:
ditinjau dari sudut pandang pemakainya akuntansi dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin yang menyediakan informasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efisien dan mengevaluasi kegiatan-kegiatan suatu organisasi.
b.      Sudut pandang kegiatan
akuntansi dapat didefinisikan sebagai proses pencatatan,penggolongan,peringkasan,pelaporan,dan penganalisisan data keuangan organisasi.

2.      Pengguna dan kegunaan akutansi si pengguna
         Manajer. Seorang manajer perusahaan memerlukan informasi akuntansi untuk penyusunan perencanaan perusahaan, mengevaluasi kemajuan yang dicapai perusahaan, serta melakukan tindakan koreksi yang diperlukan
         Investor. Para investor sangat memerlukan data akuntansi suatu organisasi untuk menganalisis perkembangan organisasi yang bersangkutan. Investor telah melakukan penanaman modal pada suatu usaha, dengan tujuan untuk mendapatkan hasil. Sehingga, investor harus melakukan analisis laporan keuangan perusahaan yang akan dipilihnya untuk disuntik dana dari investor.
         Kreditor. Kreditor berkepentingan dengan data akuntansi, karena kreditor berkepentingan untuk pemberian kredit kepada calon nasabahnya. Nasabah yang dipilih kreditor adalah nasabah yang mampu mengembalikan pokok pinjaman beserta bunganya pada waktu yang tepat. Oleh karena kreditor sangat berkepentingan dengan laporan keuangan calon nasabah dan nasabahnya.
         Instansi Pemerintah. Instansi pemerintah sangat berkepentingan dengan informasi akuntansi. Dari informasi keuangan suatu organisasi, pemerintah akan dapat menetapkan besarnya pajak yang harus dibayar oleh organisasi yang bersangkutan.

3.      Akutansi keuangan dan akutansi manajemen
a.      Akuntansi manajemen adalah laporan keuangan yang disusun terutama untuk menghasilkan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh pihak manajemen untuk perencanaan dan pengendalian kegiatan operasional serta perhitunagn biaya.
Akuntansi keuangan adalah akuntansi yang terutama menghasilkan informasi dalam bentuk laporan keuangan yang ditujukan pada pihak-pihak luar, seperti pajak, pemegang saham, dan lain-lain.



b.      Perbedaan akutansi keuangan dan manajemen
Beberapa perbedaan antara akuntansi manajemen dengan akuntansi keuangan  diantaranya :
  •       Pengguna utama
Akuntansi manajemen berfokus pada kebutuhan informasi dari pengguna internal, sedangkan akuntansi keuangan berfokus pada informasi bagi pengguna eksternal.
  •       Pembatasan pada masukan dan proses
Akuntansi manajemen tidak bergantung pada prinsip – prinsip akuntansi yang diterima secara umum. SEC, PCAOB, dan FASB menetapkan prosedur akuntansi yang harus diikuti untuk pelaporan keuangan.
  •       Jenis informasi
Pembatasan dalam akuntansi keuangan cenderung menghasilkan informasi keuangan yang objektif dan dapat diverifikasikan. Dalam akuntansi manajemen, informasinya dapat berupa informasi keuangan dan nonkeuangan, serta bersifat lebih subjektif.
  •       Orientasi waktu
Akuntansi keuangan memiliki orientasi historis. Fungsinya adalah mencatat dan melaporkan kegiatan – kegiatan yang telah terjadi. Walaupun akuntansi manajemen juga mencatat dan melaporkan kejadian – kejadian yang telah terjadi, akuntansi manajemen lebih menekankan pada penyediaan informasi kegiatan – kegiatan di masa datang.
  •       Tingkat Agregasi
Akuntansi manajemen menyediakan ukuran dan laporan internal yang digunakan untuk mengevaluasi kinerja berbagai entitas, lini produk, department, dan manajer. Informasi yang sangat terperinci dibutuhkan dan disediakan. Di lain pihak, akuntansi keuangan berfokus pada kinerja perusahaan secara keseluruhan dan memberikan sudut pandang yang lebih agregat.
  •       Keluasan
Akuntansi manajemen jauh lebih luas daripada akuntansi keuangan. Akuntansi manajemen meliputi aspek – aspek ekonomi manajerial, rekayasa industri, ilmu manajemen, dan berbagai bidang lainnya.
4.      Bidang bidang Akutansi dan penjelasannya
a.       Akuntansi perpajakan yaitu bidang akuntansi yang bertugas menyiapkan data-data akuntansi yang berhubungan dengan penetapan besarnya pajak yang harus dibayar oleh setiap perusahaan kepada kas Negara..
b.      Akuntansi pemerintahan yaitu bidang akuntansi yang mengkhususkan kegiatannya pada pencatatan dan pelaporan transaksi unit organisasi pemerintahan, departemen-departemen pemerintah pusat dan daerah, proyek pemerintahan pusat dan daerah dan organisasi pemerintahan lainnya..
c.       Akuntansi sosial yaitu Akuntansi yang digunakan dilembaga-lembaga sosial seperti organisasi sosial, panti asuhan yang tujuan utamanya adalah sosial (social oriented ).
d.      Akuntansi pendidikan yaitu bidang akuntansi yang diajarkan dilembaga-lembaga pendidikan, baik formal maupun nonformal..
e.       Akuntansi anggaran (budgeting) yaitu bidang akuntansi yang bertugas untuk menyiapkan data-data akuntansi dan cara-cara yang baik untuk menyusun anggaran.
f.       Sistem akuntansi adalah bidang akuntansi yang mempelajari tentang cara-cara, produser, mekanisme, dan kerangka aturan yang dibutuhkan bagi berlangsungannya proses akuntansi di suatu perusahaan/organisasi.
g.      Teori akuntansi adalah bidang akuntansi yang menyediakan dasar-dasar kebenaran terhadap setiap konsep yang digunakan dalam akuntansi keuangan. Teori akuntansi merupakan belantara konsepsi persoalan akuntansi keuangan yang bersifat dinamis. Teori akuntansi akan menjadi rujukan kebenaran atas prinsip-prinsip akuntansi keuangan yang akan diberlakukan secara umum.
h.      Akuntansi keuangan yaitu bidang akuntansi yang kegiatan dan tujuan utamanya adalah menyusun laporan keuangan yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
i.        Akuntansi biaya yaitu bidang akuntansi yang kegiatan dan tujuan utamanya mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan beban-beban yang telah dikeluarkan untuk membuat sejumlah produk.
j.        Akuntansi Manajemen yaitu bidang akuntansi yang bertugas menyediakan data-data akuntansi untuk membantu kepentingan manajemen.
k.      Akuntansi pemeriksaan ( auditing) yaitu bidang akuntansi yang bertugas memeriksa kebenaran laporan keuangan yang telah di susun oleh bagian akuntansi keuangan..
5.      Pengguna dari informasi yang dihasilkan oleh akuntasi keuangan
·  Investor. Penanam modal berisiko dan penasihat mereka berkepentingan dengan risiko yang melekat serta hasil pengembangan dari investasi yang mereka lakukan. Mereka membutuhkan informasi untuk membantu menentukan apakah harus membeli, menahan atau menjual investasi tersebut. Pemegang saham juga tertarik pada informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan untuk membayar dividen.
·  Karyawan. Karyawan dan kelompok-kelompok yang mewakili mereka tertarik pada informasi mengenai stabilitas dan profitabilitas perusahaan. Mereka juga tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk menilai kemampuan perusahaan dalam memberikan balas jasa, manfaat pensiun, dan kesempatan kerja.
·  Pemberi pinjaman. Pemberi pinjaman tertarik dengan informasi keuangan yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah pinjaman serta bunganya dapat dibayar pada saat jatuh tempo.
·  Pemasok dan kreditor usaha lainnya. Pemasok dan kreditor usaha lainnya tertarik dengan informasi yang memungkinkan mereka untuk memutuskan apakah jumlah yang terhutang akan dibayar pada saat jatuh tempo. Kreditor usaha berkepentingan pada perusahaan dalam tenggang waktu yang lebih pendek daripada pemberi pinjaman kecuali kalau sebagai pelanggan utama mereka tergantung pada kelangsungan hidup perusahaan.
·  Pelanggan. Para pelanggan berkepentingan dengan informasi mengenai kelangsungan hidup perusahaan, terutama kalau mereka terlibat dalam perjanjian jangka panjang dengan, atau tergantung pada perusahaan.
·  Pemerintah. Pemerintah dan berbagai lembaga yang berada di bawah kekuasaannya berkepentingan dengan alokasi sumber daya dan karena itu berkepentingan dengan aktivitas perusahaan. Mereka juga membutuhkan informasi untuk mengatur aktivitas perusahaan, menetapkan kebijakan pajak dan sebagai dasar untuk menyusun statistik pendapatan nasional dan statistik lainnya.
·  Masyarakat. Perusahaan mempengaruhi anggota masyarakat dalam berbagai cara. Misalnya, perusahaan dapat memberikan kontribusi berarti pada perekonomian nasional, termasuk jumlah orang yang diperkerjakan dan perlindungan kepada penanam modal domestik. Laporan keuangan dapat membantu masyarakat dengan menyediakan informasi kecenderungan (trend) dan perkembangan terakhir kemakmuran perusahaan serta rangkaian aktivitasnya.




6.      Tiga fungsi Keuangan Manajemen
a.       Menetapkan struktur keuangan entitas. Yaitu menetapkan kebutuhan entitas akan dana untuk sekarang (modal kerja jangka pendek) dan masa depan (keperluan investasi jangka panjang) dan menetapkan sumber dana yang dapat menutup kebutuhan-kebutuhan itu secara sehat. Di dalam prinsipnya, kebutuhan dana jangka pendek dibiayai oleh sumber jangka pendek, dan kebutuhan dana jangka panjang dibiayai dari sumber jangka panjang.
b.      Mengalokasikan dana sedemikian agar dapat memperoleh tingkat efisiensi atau profitabilitas yang optimal.
c.       Mengendalikan keuangan perusahaan dengan mengadakan sistem dan prosedur yang dapat mencegah penyimpangan dan mengambil langkah perbaikan jika terjadi penyimpangan di dalam pelaksanaan usaha dan memengaruhi struktur keuangan dan alokasi dana.

7.      Perbedaan akutansi internal dengan akutansi publik.
a.       Akutansi Publik : Akuntan publik merupakan Akuntan independen yang memberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Mereka ini bekerja bebas dan umumnya mendirikan suatu kantor akuntan. Seorang akuntan publik dapat melakukan pemeriksaan (audit), misalnya terhadap jasa perpajakan, jasa konsultasi manajemen, dan jasa penyusunan sistem manajemen.

Akuntan Publik : profesi akuntan ini lebih bersifat Bersifat Independent, dan memberikan jasa.

b.      Akutansi Internal : Akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan intern ini disebut juga akuntan perusahaan. Jabatan tersebut yang dapat diduduki mulai dari Staf biasa sampai dengan Kepala Bagian Akuntansi atau Direktur Keuangan. Tugas mereka adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan kepada pihak-pihak eksternal, menyusun laporan keuangan kepada pemimpin perusahaan, menyusun anggaran, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern.

Akuntan Internal : profesi lebih keorganisasi.

8.      Dapatkah pekerjaan akuntan diganti dengan komputer
Menurut saya tidak dapat,  karena sebaik-baiknya akuntan adalah manusia dan komputer hanya bertugas sebagai alat atau mediasi mempermudah pekerjaan akunta.

9.      Jjenis- jenis perusahaan
a.       Perusahaan jasa adalah perusahaan yang menghasilkan jasa dan bukan barang atau produk untuk pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan jasa dan jenis jasa yang ditawarkan kepada pelanggan.
b.      Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli barang dagangan dari pemasok (supplier) kemudian menjual kembali kepada pelanggan
c.       Perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang kegiatan usahanya adalah membeli bahan baku (input) kemudian mengubahnya menjadi barang yang dijual kepada pelanggan. Berikut contoh nama perusahaan manufaktur dan jenis produk yang ditawarkannya.



          Jenis – jenis organisasi perusahaan
a.      Perusahaan perseorangan (proprietorship) dimiliki oleh perorangan. Kelebihan perusahaan ini yaitu kemudahan dan biaya pengelolaannya yang rendak. Kelemahannya adalah sumber daya keuangan yang terbatas pada harta milik pribadi.
b.      Persekutuan (partnership) dimiliki dua atau lebih individu.
c.       Koperasi (corporation) atau perseroan dibentuk berdasarkan peraturan pemerintah, sebagi suatu badan hukum yang terpisah. Keunggulannya kemampuan untuk mendapat sejumlah besar sumber daya denagn menerbitkan saham.
d.      Perusahaan dengan kewajiban terbatas (limited liability corporation) menggabungkan karakteristik persekutuan dan koperasi. Artinya perusahaan dikelola seperti sebuah koperasi tetapi dapat dikenakan pajak layaknya sebuah persekutuan.

10.  Tabel

No
Nama Perusahaan
Jenis perusahaan
1
Hotel
Perusahaan Jasa
2
Toko gudang rabat
Perusahaan dagang
3
Dokter gigi
Perusahaan jasa
4
Bank
Perusahaan jasa
5
Perusahaan Rokok
Perusahaan manufaktur


0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver