Monday, July 2, 2012

CARA MEMPERCEPAT MODEM

Pernah tidak anda mengalami problem bahwa meskipun sudah berada di area sinyal 3G/HSDPA/WCDMA, terkadang Modem yang digunakan masih saja mendapatkan sinyal yang selalu tidak stabil, dalam hal ini terkadang yang tadinya koneksi modem sudah mendapatkan sinyal 3G atau HSDPA, lama kelamaan menurun atau berubah menjadi sinyal EDGE saja.
Hal ini sebenarnya terjadi dikarenakan modem yang digunakan sifatnya hanya mencari sinyal yang paling kuat saja, jadi kalau modem anda merasa sinyal 3G yang diterima lebih sedikit ketimbang sinyal EDGE, maka sinyal EDGE lah dipilihnya. Tidak mengenai anda mau menggunakan layanan Broadband Internet Unlimited Indosat, Telkomsel Flash Unlimited, XL Unlimited, Internet Unlimited Smart, AXIS Internet Unlimited ataupun layanan lainnya tetap sama saja.
Sebagai perbandingan, Koneksi Internet akan lebih cepat meskipun anda memperoleh setengah sinyal 3G/HSDPA/WCDMA ketimbang memperoleh sinyal Full EDGE. Nah untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu di lakukan ialah memaksa sedikit modem agar mengabaikan sinyal EDGE dan terus mengambil sinyal 3G/HSDPA/WCDMA. Caranya pun sangat simple yaitu:
1. Pada aplikasi modem, Klik menu Tools lalu pilih Options
2. Pada halaman Form Options, Pilih Network

3. Ubah pada bagian Network Type menjadi 3G only atau HSDPA only atu WCDMA only lalu klik tombol OK untuk menyimpan. “Untuk pilihan setting ini tergantung dari ketersediaan modem yang anda gunakan. Sebagai contoh untuk modem saya yaitu di set ke WCDMA only”.

Keterangan:
Setting pada modem diatas mungkin saja berbeda dengan setting modem lain. jadi silahkan sesuaikan saja cara setting tergantung dari jenis modem masing-masing.
Setelah mengubah setting seperti diatas, coba lihat perbedaan sinyal dari sebelumnya. Kalau saya sendiri sekarang selalu mendapatkan sinyal HSDPA atau kalau tidak WCDMA dan tidak pernah lagi berubah menjadi EDGE ataupun lebih rendah.
Ok semoga dengan tutorial cara melakukan setting agar modem tetap bisa mendapatkan sinyal 3G, HSDPA atau WCDMA ini bisa bermanfaat dan semoga pula bisa menjawab pertanyaan dari komentar pengunjung blog ini di Cara Setting APN Three (3) Internet Unlimited (GPRS/3G/HSDPA).

0 comments:

Post a Comment

 
Free Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Website templateswww.seodesign.usFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver